Chord Gitar

Sabtu, 02 November 2013

KELEBIHAN DAN KEKURANGN MOTOR STARTER

MAKALAH

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR STARTER TIPE KONVENSIONAL, REDUKSI DAN PLANETARY
Diajukan untuk memenuhi salahsatu tugas mata pelajaran Produktif TKR (Teknik Kendaraan Ringan)



Disusun Oleh :
Agus Gustiana
Andri Rianto
Dani Rhamdani
Dudu Hidayat


PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 KAWALI
Jl. Talagasari No.35 Tlp (0266) 791727 Kawali - Ciamis 46253

2013













KATA PENGANTAR



Puji sukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kekuatan kepada penulis untuk menyelsaikan makalah ini. Solawat beserta salam kami panjatkan kepada nabi Muhammad SAW.
Makalah yang berjudul “Kelebihan Dan Kekurangan Motor Starter Tipe Konvensional, Reduksi dan Planetary” ini dibuat untuk memenuhi salah satu mata pelajaran Produktif TKR (Teknik Kendaraan Ringan).
Makalah ini berisi tentang gambar dan keuntungan besreta kerugian pada tiap-tiap motor starter.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh untuk dikatakan sempurna karena terbatasnya ilmu pengetahuan yang kami miliki.
Kami berharap semoga makalah ini ada manfaatnya bagi kita semua. Amin.





Kawali, 20 Oktober 2013

          Penyusun

















DAFTAR ISI
Halaman

Kata Pengantar                                                                                                i
Daftar Isi                                                                                                         ii
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR STARTER TIPE KONVENSIONAL                                                                                       1
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR STARTER TIPE 
REDUKSI                                                                                                      2
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOTOR STARTER TIPE 
PLANETARY                                                                                                3
Daftar Pustaka                                                                                                5








KELEBIHAN DAN KEKURANGN MOTOR STARTER TIPE KONVENSIONAL
Sumber gambar: http://www.google.com

1.      KELEBIHAN
Motor starter tipe Konvensional memiliki kelebihan sebagai berikut:
Kontruksi pada motor starter tipe Konvensional Armaturenya seporos dengan pinion gear. Karena letak gigi pinion seporos dengan armature, maka putaran gigi pinion dan putaran armature sama, jadi putarannya menghasilkan gaya yang besar.
2.      KEKURANGAN
Motor starter tipe Konvensional memiliki kekurangan sebagai berikut:
Karena letak gigi pinion seporos dengan armature, maka putaran gigi pinion dan putaran armature sama, maka memerlukan tenaga listrik yang besar untuk menggerakkan engine.



KELEBIHAN DAN KEKURANGN MOTOR STARTER TIPE REDUKSI
Sumber gambar: http://www.google.com

1.      KELEBIHAN
Kontruksi pada motor starter tipe reduksi armaturenya tidak seporos dengan gigi pinion tapi putaran dari armaturenya di reduksikan (diturunkan) oleh idle gear sampai sepertiganya. Maka putaran yang dihaslkan sangat kuat karena memilki idlle gear.

2.      KELEMAHAN
Karena putaran angkernya direduksikan (diturunkan) maka putarannya tidak cepat seperti pada motor starter tipe konvensional.




KELEBIHAN DAN KEKURANGN MOTOR STARTER TIPE PLANETARY

Sumber gambar: http://www.google.com


1.      KELEBIHAN
Sistem stater dengan motor stater tipe planetary pada prinsipnya sama dengan motor stater tipe lainnya. Motor stater jenis planetary termasuk pada jenis motor stater reduksi karena putaran armature diturunkan untuk mendapatkan tenaga putar yang lebih kuat. Mekanisme penurun putaran motor stater jenis ini menggunakan unit roda gigi planetary. Reduksi model planetary memungkinkan motor stater bekerja pada kecepatan tinggi dibandingkan dengan motor stater tipe konvensional. Kecepatan motor yang lebih tinggi menghasilkan torsi yang lebih besar. Keuntungan dari motor stater jenis ini adalah lebih kompak, lebih ringan, dan output torsi yang lebih ringan.
Komponen-komponen utama motor stater tipe ini secara umum sama dengan motor stater tipe konvensional, namun ukuran aramature, kumparan medan dan lainnya lebih kecil. Perbedaan yang mencolok pada motor stater tipe ini adalah komponen untuk mereduksi putaran motor dengan unit roda gigi planetary. Unit gigi planetary terdiri dari beberapa komponen, yaitu ring gear, gigi planetary, pembawa gigi planetary dan poros pembawa (carrier shaft). Armature menghasilkan putaran yang tinggi. Putaran ini sebagai input pada sistem gigi planetary. Output dari sistem roda gigi planetary adalah putaran yang lebih lambat dibandingkan dengan putaran armature tetapi dengan torsi yang lebih tinggi.
Putaran gigi planetary akan menyebabkan poros pembawa ( poros gigi planetary ) juga ikut berputar. Perbandingan gigi antara gigi poros armature : gigi planetary : gigi ring gear adalah 11 : 15 : 43 yang menghasilkan perbandingan reduksi sebesar 5, dengan demikian kecepatan putaran poros armature akan turun menjadi 1/5 dari putaran poros armature sebenarnya.

2.      KEKURANGAN
Karena putaran angkernya direduksikan (diturunkan)oleh gigi planetary, maka putarannya tidak cepat seperti pada motor starter tipe konvensional.

















DAFTAR PUSTAKA



Anonim Buku Informasi Teori Dan Praktik Pelatihan Otomotif SMK
       SISTEM STARTER, Malang, PPPGT VEDC.


1 komentar: